Apa Itu Humus dan Manfaat Humus

  • Whatsapp
Humus

Humus adalah material organik yang terbuat dari pelapukan ranting dan daun tanaman yang sudah membusuk dan kemudian menjadi humus berikutnya menjadi tanah. Sumber utama yang digunakan agar dapat membuat humus merupakan daun, limbah ilmiah, ranting pohon, serbuk gergaji, endapan kotoran, kulit kayu, sampah rumah tangga dan masih banyak lagi seperti limbah padat perkotaan.

Manfaat utama humus bagi tanaman buah adalah sebagai sumber makanan dan sangat membantu berperan untuk menjaga struktur tanah. Humus ini bermanfaat untuk mengikat bahan kimia yang beracun yang ada pada dalam tanah dan air.  Humus Itu Bermanfaat! Ini Keunggulannya

Sumber Nutrisi Bagi Tumbuhan

Tanaman membutuhkan makanan yang baik dan bernutrisi agar dapat tumbuh dengan optimal. Humus yang Kamu campurkan ke dalam tanah mampu memberikan nutrisi yang diperlukan tanaman untuk dapat tumbuh dengan baik.

Nutrisi yang dapat lebih baik menjadikan tanaman yang dihasilkan bisa tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang terbaik. Dengan ini yang menjadikan humus sebagai sumber makanan dan nutrisi yang begitu penting untuk tanaman berjenis apapun.

Menjaga Struktur Tanah di Sekitarnya

Selain bermanfaat untuk sumber nutrisi bagi tanaman, humus juga dapat memberikan kegunaan untuk menjaga struktur tanah yang ada di area sekitarnya. Hal ini dikarenakan humus mempunyai kandungan mineral yang mampu menyerap air dan pada akhirnya dapat menjaga tanah dari kekeringan.

Sumber Pupuk Alami

Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa humus berasal dari pembusukan ranting dan dedaunan pohon, hasil dari pembusukan itulah yang saat ini kita kenal dengan nama humus. Humus mempunyai manfaat untuk digunakan sebagai sumber pupuk alami yang dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Hal yang unik dari tanah humus adalah proses terbentuknya yang tidak disengaja. Artinya tanah humus tersebut terbentuk melalui proses alam dan tidak memerlukan campur tangan manusia di dalamnya.

Tanah humus banyak ditemui diantara tempat yang mempunyai banyak pohon seperti di lahan perkebunan. Ranting dan daun yang berguguran dari pohon membuat tanah yang ada di sekitarnya menjadi lebih subur.

Meningkatkan Kandungan Air Tanah

Humus mempunyai ciri-ciri penting yaitu daya serapnya yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis tanah yang lain. tanaman yang menggunakan tanah humus akan mendapatkan lebih banyak sumber air karena humus dapat memberikan serapan air yang baik bagi tanaman.

Saat Kamu mencampurkan tanah humus dengan tanah jenis lain, maka dalam hal ini kemampuan serapan air pada tanah tersebut akan semakin meningkat dari sebelumnya.

Pupuk Organik Buatan

Pupuk organik yang diproduksi di dalam pabrik ini dan menggunakan peralatan modern yang dinamakan pupuk buatan organik. Pupuk organik buatan banyak dipilih para petani dengan alasan lebih mudah didapatkan tanpa harus membuat pupuk organik sendiri.

Secara umum manfaat yang akan didapatkan saat menggunakan pupuk organik buatan adalah meningkatkan kandungan unsur hara yang sangat diperlukan tanaman, dapat meningkatkan produktivitas tanaman, mampu merangsang pertumbuhan akar dan batang tanaman, dan dapat membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah.

Cara mengaplikasikan pupuk organik buatan biasanya dengan menyebarkannya di sekeliling tanaman agar kandungan unsur hara dapat meningkat dan memberikan manfaat kepada tanaman buah yang diberi pupuk organik buatan.

Itulah informasi tentang Apa Itu Humus dan Manfaat Humus dan kamu juga bisa lihat tentang macam-macam bibit buah yang belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat buat semuanya.

Related posts