Begini Cara Mengunci Aplikasi Tanpa Aplikasi yang Harus Diketahui Pengguna Android

  • Whatsapp
Cara Mengunci Aplikasi Tanpa Aplikasi

Privasi adalah suatu hal yang penting bagi sebagian orang. Pada era modern sekarang ini bahkan perusahaan smartphone secara serentak membawa teknologi fingerprint sebagai bentuk untuk menjaga privasi pengguna handphone. Selain itu PlayStore juga menyediakan banyak aplikasi untuk membantu pengguna smartphone dalam pengelolaan kinerja smartphone. Tapi, sebenarnya pengaturan bawaan handphone juga telah menyediakan cara mengunci aplikasi tanpa aplikasi untuk dimanfaatkan oleh pengguna.

Menu pengaturan ini bisa menjadi solusi yang memungkinkan pengguna bisa mengunci aplikasi tanpa perlu mengunduh aplikasi pengunci pada PlayStore. Selain itu, cara mengaktifkan kunci aplikasi pada smartphone, menggunakan menu privasi yang terdapat di pengaturan juga cukup terbilang mudah. Lalu, bagaimana cara mengunci aplikasi tanpa aplikasi yang bisa dilakukan pengguna smartphone? Berikut ulasannya sebagaimana dihimpun www.venostech.com :

1. Masuk ke Menu Pengaturan

Cara mengunci aplikasi tanpa aplikasi pada handphone adalah dengan memanfaatkan menu pengaturan. Pada menu ini tersedia banyak opsi sebagai media kontrol pengguna handphone, tidak terkecuali untuk mengunci aplikasi. Untuk mengaktifkan fitur kunci aplikasi, pengguna hanya perlu scroll ke bawah pada menu pengaturan dan cari menu pengaturan tambahan atau aksesibilitas. Pada menu inilah, pengguna bisa mulai proses untuk mengunci aplikasi di handphone tanpa perlu mengunduh aplikasi baru.

2. Menuju Menu Privasi

Pengguna bisa melanjutkan step selanjutnya untuk mengunci aplikasi pada handphone jika telah berhasil masuk ke menu pengaturan. Langkah selanjutnya untuk mengunci aplikasi secara manual adalah menuju menu privasi. Menu ini akan ditemukan saat pengguna berhasil masuk ke menu pengaturan tambahan atau aksesibilitas pada handphone.

3. Pilih Choose App to Lock

Apabila pengguna sudah menemukan dan berhasil masuk ke menu privasi pada pengaturan tambahan, maka langkah selanjutnya adalah mulai menuju aplikasi yang akan dikunci. Pada langkah satu ini pengguna akan diarahkan pada menu choose app to lock atau lock individuals app. Opsi ini akan membawa pengguna pada pilihan-pilihan aplikasi terinstall yang ada pada handphone.

4. Buat Pola

Sama halnya dengan cara untuk mengunci layar handphone. Pada proses untuk mengunci aplikasi juga mengharuskan pengguna untuk membuat pola. Dalam tahap ini, pengguna diharapkan supaya membuat pola yang mudah diingat tapi juga rumit. Hal ini dilakukan agar pola tidak mudah dibuka oleh orang lain yang tidak berkepentingan atau bukan pemilik handphone. Pastikan pola sudah diingat sebelum menyetujui pengaturan pola pada aplikasi yang akan dikunci. Hal ini penting dilakukan supaya pengguna tidak kesulitan saat membuka pola kunci aplikasi. Karena setiap smartphone memiliki otomatis lock, yang membuat perangkat tidak dapat dibuka bila pengguna sudah tiga kali salah memasukkan pola atau sandi.

5. Pilih Aplikasi yang akan Dikunci

Tahap akhir yang akan dilakukan pengguna dalam mengunci aplikasi menggunakan menu pengaturan adalah memilih aplikasi mana yang akan dikunci. Silakan pilih aplikasi yang ingin dikunci. Apabila pengguna ingin mengunci aplikasi lebih dari satu, maka lakukan langkah di atas satu-persatu pada setiap aplikasi yang akan dikunci. Setelahnya, pengguna hanya tinggal mengecek apakah aplikasi sudah berhasil dikunci atau belum. Selain itu, pastikan juga bahwa pola yang dibuat sudah diingat dengan baik.

Berikut tadi adalah 5 langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mengunci aplikasi tanpa aplikasi yang bisa dilakukan pengguna untuk menjaga privasi. Pada saat menggunakan pola dan sandi angka pada setiap aplikasi, pastikan bahwa pola atau sandi dapat diingat. Pastikan juga bahwa pola tidak diketahui oleh orang lain supaya privasi tetap terjaga. Sebagai catatan, cara di atas mungkin akan berbeda pada setiap handphone, tergantung dari menu bawaan pada setiap pengaturan handphone.

Related posts