Chat Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

  • Whatsapp
Chat Marketing

Jenis marketing melalui sales dengan cara door to door atau tatap muka mungkin bisa dikatakan jadul. Saat ini banyak strategi marketing yang dilakukan secara online, baik itu melalui media sosial, website, email atau chat marketing. Untuk media sosial, email dan website mungkin sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah banyak blog atau website yang menjelaskan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai Chat marketing yang mungkin masih asing ditelinga kita.

Pengertian Chat Marketing

Terdiri dari dua kata dengan bahasa inggris, untuk lebih mudah memahaminya, kita akan mengambil arti dari setiap kata tersebut. Chat diambil dari kata chatting yang mempunyai arti obrolan yang dilakukan secara online. Disitu artinya ada komunikasi dua arah antar satu orang dengan orang lainnya. Konsep ini jelas berbeda ketika Anda mengirim SMS promosi dengan sms masking yang meskipun murah, namun tidak bisa interaktif. Kata kedua adalah marketing yang bisa diartikan secara singkat sebagai pemasaran dengan tujuan menawarkan atau mengenalkan sebuah produk.

Jadi, chat marketing adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk menawarkan dan mengenalkan sebuah produk melalui percakapan dua arah yang dilakukan secara online. Untuk pengertian yang lebih simpel bisa diartikan sebagai berikut, cara yang dilakukan untuk menghubungi pelanggan melalui aplikasi chatting.

Sifatnya personal, jadi anda melakukan percakapan dengan konsumen yang tidak diketahui orang lain. Hal itu sangat berguna untuk menjaga privasi mereka. Anda juga dapat menggunakan aplikasi chat ketika ada diskon atau promo menarik. Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakannya sebagai layanan pelanggan untuk mengatasi berbagai masalah yang mereka alami.

Manfaat Chat Marketing

Menggunakan aplikasi chat sebagai media komunikasi dengan pelanggan mempunyai beberapa manfaat penting. Beberapa manfaat yang telah kami rangkum setidaknya ada lima, berikut lebih detailnya.

1. Dapat Meningkatkan Konversi Penjualan

Tentu saja salah satu tujuan utama dari marketing adalah untuk meningkatkan konversi penjualan. Dengan menggunakan chat marketing, besar kemungkinan anda akan mendapatkannya. Hal tersebut dikarenakan anda langsung merespons beberapa pertanyaan dari calon konsumen, bahkan anda juga bisa menjawab keraguan mereka mengenai sebuah produk yang ditawarkan.

2. Mengurangi Biaya

Berbeda ketika anda menggunakan layanan call center yang hanya dapat menghandel satu pelanggan untuk satu customer service. Dengan chat marketing, anda dapat menghandel hampir semua pelanggan dalam satu waktu. Dengan begitu, otomatis sumber daya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan bisa dikurangi dan akan berimbas pada pengeluaran biaya yang lebih sedikit.

3. Membangun Kepercayaan

Karena dilakukan secara dua arah dan langsung pada real time, maka kemungkinan untuk membangun kepercayaan pelanggan juga semakin tinggi. Namun tentunya hal ini juga tergantung dari produk anda dan juga bagaimana anda merespons mereka.

4. Efisiensi Waktu

Dengan adanya fitur auto respons pada beberapa layanan aplikasi chatting, akan dapat membuat waktu anda lebih efisien. Anda juga tidak akan ketinggalan calon pembeli ketika menggunakan fitur ini. Pasalnya, mereka akan tetap menganggap bahwa anda sedang online.

Jenis-jenis Chat Marketing

Ada beberapa jenis chat marketing yang mungkin sudah anda jumpai. Sebagian berupa aplikasi, dan sebagian lainnya biasanya anda temui pada beberapa website yang menggunakannya.

1. Live Chat marketing

Jenis yang satu ini biasanya banyak ditemukan di beberapa toko online atau situs e-commerce lainnya. Pelanggan bisa menanyakan apa saja yang dibutuhkan dan akan dijawab pada saat itu juga.

2. Chatbot marketing

Dari namanya mestinya sudah dapat diketahui bahwa chatbot merupakan sebuah program otomatis yang dirancang untuk melayani pelanggan. Pada umumnya, program ini sudah dilengkapi dengan artificial intelligence (kecerdasan buatan) sehingga pertanyaan yang diajukan akan dijawab secara relevan.

3. WhatsApp Marketing

Selanjutnya adalah Whatsapp yang merupakan sebuah aplikasi dan sudah banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar.

4. Facebook Messenger

Kehadiran aplikasi facebook messenger memudahkan pelaku usaha sebagai aplikasi chat alternatif. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu berulang kali untuk membuka akun Facebook.

Itulah penjelasan dari kami mengenai pengertian, manfaat dan juga jenis-jenis dari chat marketing. Semoga dapat menambah wawasan anda dan juga sebagai koleksi yang dapat digunakan sebagai alternatif media chatting.

Related posts