Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah

  • Whatsapp
Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Contoh ceramah singkat – Ceramah bukan menjadi hal yang asing bagi kita. Ceramah sering kita temui di kehidupan sehari-hari baik itu di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat luas. Ceramah adalah sebuah aktivitas edukasi yang dilakukan oleh perorangan atau instansi tertentu dalam memberikan pandangan-pandangan yang baik atau positif dalam bersikap dan berperilaku di dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya untuk anak muda, bahkan cermah juga didengar oleh mereka yang sudah lanjut usia. Nah berikut ini kami memberikan berbagai contoh ceramah singkat dengan berbagai tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Simak contoh ceramah singkat berikut ini.

Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Pernahkan kita berpikir untuk menyisihkan sedikit uang kita untuk mereka yang membutuhkan? Pernahkah hati kita terenyuh saat ada anak kecil atau orang tua datang pada kita? Yuk simak contoh ceramah singkat tentang sedekah berikut ini.

Assalamualikum Wr Wb

Bapak/Ibu, dan hadirin sekalian yang berbahagia dan yang saya hormati. Puja dan puji syukur kita semua panjatkan ke hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena hanya  atas berkat dan rahmatNya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat untuk dapat bertemu dan bersilahturahmi.

Hari ini adalah sebuah kesempatan yang baik untuk kita duduk bersama dan berbagi mengenai sebuah hal yang sangat sering kita dengar di masyarakat, yaitu sedekah.

Menurut Islam, sedekah ada pada surat Al-Baqarah ayat 261, yang berbunyi:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang telah menafkahkan hartanya di jalan Allah. Akan serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, yang di mana ada seratus biji di setiap 1 bulir. Artinya Allah akan melipat gandakan (ganjaran) untuk siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allah memang Maha Luas (yaitu karunia-Nya), dan Ia pun Maha Mengetahui.”

Dari firman Allah diatas dapat disimpulkan bahwa Allah sangat mengharapkan manusia untuk saling berbagi dan tidak takut untuk berbagi karena mereka tidak akan miskin karenanya. Niscaya Allah akan melipatgandakan apa yang telah manusia berikan pada manusia yang lainnya.

Sudah sangat jelas memang, ketika kita berbagi harta yang kita punya di jalan yang benar, uang atau harta yang kita miliki tidak akan pernah berkurang karena Allah telah melihat bahwa harta yang ia titipkan sudah dibawa atau dikelola dengan baik oleh hambanya. Allah akan sangat senang melihat hal itu karena hambanya tidak sungkan untuk berbagi apa yang ia telah dapat dari Allah.

Tidak semua memang memiliki kekayaan yang cukup atau bahkan yang melimpah untuk kemudian dibagi atau disumbangkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Namun niat yang tulus akan selalu diiringi oleh kesempatan dan kebaikan-kebaikan lainnya.

Hadirin sekalian, seberapa besar kecil gaji kalian, seberapa banyak sedikit harta kalian sempatkanlah untuk berbagi sebelum semuanya terlambat. Sebelum harta yang Allah titipkan kembali Allah ambil untuk mereka yang lebih baik dalam mengelola hartanya.

Hadirin sekalian, mari kita merenung bersama, apakah selama ini sudah benar apa yang kita lakukan? Tanya ke dalam diri masing-masing, sudah pernahkah kita bersedekah? Walaupun tidak ke orang lain yang memang susah sekali, atau membutuhkan sekali. Namun liat orang terdekat kita, sudahkah pernah berbagi rejeki kalian ke sanak keluarga atau saudara kalian?

Semoga kita kedepan semakin paham dan sadar akan pentingnya berbagi pada sesama.

Demikian cermah yang dapat saya sampaikan kali ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, mohon maaf bila ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan di hati Bapak, Ibu, dan hadirin sekalian.

Wasalamualaikum Wr Wb

Related posts