Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Lengkap dengan Tipe dan Modelnya

Perilaku Konsumen

Perilalku konsumen merupakan sebuah perilaku yang di tunjukan dari hasil pembelian, penjualan, atau penentuan produk yang di harapkan bisa memuaskan kebutuhan mereka. Konsumen ini cukup menarik untuk kita pelajari, maka dari itu sangat penting untuk kita tahu bagaimana sih perilaku dari konsumen dan faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen

Ini dia beberapa perilaku yang biasanya mempengaruhi perilaku konsumen.

  • Faktor pribadi

Faktor yang satu ini adalah sebuah minat dan juga pendapat dari seseorang saat menjadi konsumen, faktor ini juga di pengaruhi beberapa demografi, misalnya:

  • usia
  • jenis kelamin
  • budaya
  • profesi
  • latar belakang
  • Faktor psikologis

Faktor psiklogis adalah sebuah respon dan juga sikat dari individu terhadap:

  • campaign pemasaran Anda
  • kebutuhan pribadi diriya sebagai seorang konsumen
  • Faktor sosial

Faktor yang satu ini meliputi:

  • pengaruh lingkungan
  • pengaruh media sosial
  • kelas sosial
  • pendapatan
  • tingkat pendidikan
  • Faktor budaya

Faktor yang satu ini bisa menunjukan minat dari pelanggan yang di bentuk oleh beberapa hal, misalnya:

  • nilai-nilai dan juga ideologi komunitas mereka
  • kepercayaan komunitas
  • kebutuhan keluarga dan juga komunitas
  • kelas sosial

Tipe-Tipe Perilaku Konsumen

  • Perilaku membeli yang kompleks

Misalnya ada seseorang yang membeli laptop dengan harga 30 juta kemudian dia ini berfikir panjang sebelum dia memutuskan untuk membeli laptp tersebut. Bahan pertimbangannya karena laptop ini cukup jarang di beli dan harganya juga cukup mahal. Nah itu lah yang di sebut dengan pembeli yang kompleks.

  • Perilaku membeli yang mengurangi perbedaan

Perilaku yang satu ini akan sangat terlibat dalam proses pembelian tapi dia ini akan merasa sulit untuk menentukan perbedaan dari beberapa merk yang ada. Kesulitan tersebut dengan mengurangi perbedaan. Contonya jika Anda akan membeli teko tapi di antara beberapa pilihan teko A, B, dan C tidak ada perbedaan. Padahal dari barang tersebut ada sedikit perbedaan.

  • Perilaku membeli yang telah terbiasa

Contohnya jika ada seseorang yang ingin membeli sabun, tapi dia sudah biasa membeli sabun merek L dan tidak ingin coba merk lain. Jadi bisa kita simpulkan jika dalam kasus ini orang tersebut memiliki perilaku membeli yang sudah terbiasa.

  • Perilaku mencari keragaman produk

Untuk tipe yang satu ini konsumen akan membeli sebuah produk yang beda tapi bukan berarti mereka tidak puas dengan produk yang sebelumnya tapi mereka ini hanya ingin mencari produk lainnya dari yang mereka punya.

Model Perilaku Konsumen

Selain ada tipe- tipe, ada juga beberapa model dari perilaku konsumen yang harus Anda ketahui apalagi untuk para marketer. Model- model ini bisa membantu marketer untuk bisa mempertahankan dan memahami basis pelanggan yang sebelumnya sudah di miliki oleh pelanggan. Penasaran kira- kira apa saja model consumer behavior yang wajib Anda ketahui di era modern seperti saat ini? yuk langsung sja kita lihat penjelasannya di bawah ini:

  1. Learning model
  2. Psychoanalytic model
  3. Sociological model
  4. Input, process, output
  5. Black box model
  6. Pavlovian model

Bagi Anda para marketer sebaiknya Anda ini harus bisa faham mengenao teori ini, karena consumer behavior ini punya banyak sekali manfaat untuk perkembangan sebuah bisnis dalam satu perusahaan.  Selain hal yang telah di sebutkan di atan masih ada banyak hal lagi yang harus Anda pelajari jika memang ingin terjun ke dunia bisnis.

Related posts