Berbicara mengenai stiker, tentunya banyak dari anda yang sudah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan stiker tersebut, namun terkadang masih banyak pula yang belum paham apa saja kegunaannya terutama dalam kegiatan pemasaran dan promosi suatu merek.
Karenanya, kami akan mengupas secara rinci apa saja fungsi stiker yang wajib untuk anda ketahui, terutama perannya di dalam memperkenalkan merek dari produk yang anda tawarkan di mata calon pelanggan, dan meningkatkan nilai dari suatu merek secara keseluruhan.
Tapi sebelumnya, kami akan singgung sedikit mengenai apa itu stiker dan asal usulnya, serta apa saja jenis stiker dan ragam ukurannya yang ada di pasaran, serta beberapa alasan utama mengapa anda perlu menggunakan stiker sebagai salah satu alat promosi. Dengan adanya Pabrik Label Sticker tentunya juga sangat menguntungkan untuk pelaku bisnis.
Fungsi Label Stiker
Selanjutnya kami akan beralih kepada pokok utama pembahasan kali ini, yaitu mengenai apa saja fungsi stiker terutama di dalam kegiatan promosi dan pemasaran, dan apakah masih relevan digunakan di era digital seperti sekarang ini.
Beberapa fungsi serta kegunaan dari stiker di dalam marketing dari suatu brand yang wajib untuk anda ketahui antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pemberi Informasi
Stiker dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk memberikan informasi tambahan bagi pelanggan anda, dan juga dapat digunakan untuk menyoroti informasi utama yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya peningkatan penjualan atas produk atau jasa yang anda tawarkan.
Hal-hal seperti detail kontak, harga, dan detail produk / layanan utama semuanya termasuk ke dalam fungsi stiker yang dapat membuat stiker tersebut lebih terlihat oleh calon pelanggan, terutama apabila anda menggunakan desain yang kreatif dan menarik.
2. Alat Promosi dengan Biaya Murah
Biaya produksi stiker tentunya relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan brosur atau flyer, dan bahkan apabila desain stiker anda menarik malahan bisa ditempelkan dengan sukarela oleh mereka yang menerima stiker dan tentunya akan berguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi, tanpa perlu membayar biaya tambahan sepeser pun.
Ketika anda membuat strategi pemasaran, maka anggaran adalah hal yang harus dipertimbangkan. Pencetakan stiker umumnya harganya jauh lebih murah dibandingkan alat pemasaran lainnya seperti iklan TV, iklan banner, iklan Google, dll. namun bisa memiliki efektifitas yang lebih.
Anda bahkan bisa mencetak dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk menguji apakah diterima dengan baik atau tidak oleh calon pelanggan, baru kemudian silahkan anda putuskan akan mencetak dalam kuantitas besar atau tidak.
3. Alat Promosi dengan Beragam Ukuran
Tidak ada batasan ukuran pada stiker yang ingin anda cetak, sehingga akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi dan pemaaran dari merek produk atau jasa yang anda tawarkan, yang tentunya akan lebih fleksibel.
Mulai dari stiker kaca mobil yang ukurannya kecil, hingga yang meliputi keseluruhan bagian kaca menggunakan stiker jenis one-way, hingga kepada cutting stiker untuk keseluruhan body mobil atau motor yang tentunya akan sangat menarik perhatian dari target konsumen yang anda sasar.
4. Sebagai Pelengkap Alat Promosi Lainnya
Fungsi stiker lainnya adalah sebagai pelengkap dari alat promosi lainnya yang juga anda gunakan, misalnya company profile, brosur, flyer, souvenir, dan lain sebagainya, yang biasanya akan dibagi-bagikan di dalam satu goodie bag.
Anda bisa membuat tema desain yang sama antara alat promosi yang anda gunakan, dan bisa dipastikan yang akan lebih mungkin untuk disimpan dan bahkan digunakan adalah stiker, terutama apabila desainnya menarik, karena memang banyak yang memiliki hobi menempel stiker di berbagai media, misalnya kaca mobil, buku, atau kulkas.
5. Alat Promosi yang Tahan Lama
Terutama apabila anda mencetak stiker dengan menggunakan bahan yang awet dan tidak mudah luntur seperti Vinyl, baik itu Oracal,atau Ritrama, ataupun merek lainnya, maka stiker yang sudah ditempelkan oleh target pelanggan anda akan jarang untuk dilepas, terutama apabila kondisinya tetap baik dan tidak pudar.
Karenanya, selain desain, isi atau konten dari stiker tentunya juga perlu anda perhatikan dan pertimbangkan, supaya target pelanggan anda akan lebih tertarik untuk menempelkannya di media pilihan mereka.