Inilah Contoh Email Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Contoh Email Bahasa Inggris

Jika dahulu orang dalam berkomunikasi jarak jauh biasanya menggunakan surat, kemudian beralih menjadi lewat SMS dan sekarang pun berkembang dengan menggunakan email. Media satu ini sama pentingnya surat-surat ketika akan menyampaikan sesuatu kepada orang yang dituju. Selain itu, mengirimkan email ini sekarang sangat dibutuhkan bagi banyak orang baik itu pelajar, karyawan atau lainnya.

Bagi pelajar ketika akan mengirimkan email kepada gurunya tentu berbeda dengan mengirimkan email ke teman-temannya. Begitu juga seorang bawahan ketika akan mengirimkan email juga ada acaranya dan tidak boleh sembarang. Kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan kamu berpotensi untuk diturunkan jabatan atau dipecat sekaligus.

Email Ke Guru

Seorang pelajar bagi itu siswa atau mahasiswa tentu ada cara tersendiri dalam mengirimkan email. Pentingnya pengetahuan tentang contoh email ini sangat berpengaruh karena ketika salah saja dalam mengirimkan email biasanya email kamu tidak di balas. Sedangkan di sisi lain kamu sangat butuh jawaban terkait apa yang kamu tanyakan pada guru atau dosen tersebut. Berikut ini beberapa contoh email yang bisa kamu gunakan ketika berkomunikasi dengan guru atau dosen.

I am Ahmad from XIIA class. Mam, I would like to ask your permission to skip the class today. I have to attend the funeral ceremony of Gaudther. In case there is assignment to make up my absence, please kindly tell me about the assignment. Thank you, Mam.

Regard,

Ahmad

Dari keterangan ini jelas bahwa Ahmad meminta izin kepada gurunya karena ada saudaranya yang meninggal, sehingga kalau ada tugas dia meminta gurunya untuk mengabarinya. Dengan isi email yang seperti ini tentu siapapun gurunya pasti akan merasa dihormati karena muridnya ini menggunakan bahasa yang sopan.

Email yang seperti ini tentu akan lebih di respon oleh guru daripada email yang kata-katanya tidak beraturan. Parahnya lagi, jika kamu menyamakan kirim email ke teman dengan guru, tentu ini sangat fatal akibatnya.

Email Ke Atasan

Atasanya sama halnya dengan ke guru, sehingga dalam menyampaikan sesuatu tidak boleh sembarangan. Sebab, mengirimkan email dengan kata-kata resmi ini bagian dari suatu etika seseorang. Email ini hanya perantara dan seolah-olah kamu berkomunikasi ini secara langsung dengan atasan. Sehingga, tutur bahasa dan pilihan kosakatanya pun juga harus yang resmi serta sopan. Berikut ini contoh email yang bisa kamu gunakan ketika berkomunikasi dengan atasan.

Dear Manager,

 

I have submitted the report as what you asked in the meeting today. I also attach some supplementary documents that may need to read regarding the report of our current project. Please kindly tell me if you need more documents. Thank you.

Susan

Dalam email tersebut terlihat sekali Susan menginformasikan jika dia sudah mengirimkan laporan dari rapat. Kalau ada hal-hal yang kurang terkait dokumen atau apapun bisa segera mengabari dia.

Dengan kata-kata pilihan diatas tentu bahasanya lebih sopan dan juga formal. Ketika email seperti ini kamu gunakan ke atasan tentu akan sangat respect sekali. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu akan naik jabatan dalam waktu beberapa bulan kemudian.

Itulah beberapa contoh email bahasa inggris yang bisa kamu gunakan ketika sedang berkomunikasi. Sebenarnya ada banyak sekali contoh email bahasa inggris ini yang juga wajib kamu ketahui. Kamu bisa klik link di atas untuk mengetahui seperti apa contoh email lainnya ketika berkomunikasi dengan yang lebih tua atau yang berpangkat di atas kamu.

Related posts