Inilah Fakta Menarik Tentang Mutiara yang Jarang Diketahui

  • Whatsapp
Fakta Menarik Tentang Mutiara

Berbicara soal salah satu hidangan laut yang memiliki cita rasa lezat, tentunya pikiran kita akan langsung tertuju pada kerang bukan? Ya, disamping dagingnya yang memiliki cita rasa lezat, bagian cangkangnya pun kerap dimanfaatkan untuk dijadikan ornament maupun berbagai jenis kerajinan lainnya. Apalagi kerang juga sering menghasilkan mutiara yang memiliki nilai jual tinggi seperti yang dilansir dari kabar jatim hari ini terbaru.

Terbentuknya Mutiara Dalam Tubuh Kerang

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa mutiara merupakan salah satu benda yang kerap dijadikan perhiasan dan memiliki nilai jual tinggi. Proses terbentuknya sebuah mutiara membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa terjadi selama bertahun-tahun. Terbentuknya mutiara tersebut dimulai ketika sebutir pasir maupun benda padat masuk ke dalam tubuh kerang mutiara.

Setelah itu, kerang akan menggunakan getah di perutnya untuk membalut pasir dengan nacre, yakni berupa lapisan pelindung yang ada di sekelilingnya. Lama kelamaan, maka lapisan nacre akan terus terbentuk dan terpisah dari bagian tubuh kerang hingga mutiaranya semakin terbentuk. Apabila tubuh si kerang dalam kondisi yang baik, maka mutiara yang dihasilkannya pun akan semakin berkualitas. Adapun mengenai beberapa fakta menarik dari mutiara seperti dibawah ini:

  1. Mutiara merupakan satu-satunya batu permata di dunia yang diekstraksi dari binatang moluska. Meski ada beberapa tiram yang mati setelah ekstrasi mutiara, namun ada sebagian tiram yang masih tetap hidup bahkan setelah mutiaranya diambil. Menurut informasi yang didapat, proses pengambilan mutiara dari tiram itu telah ada sejak 4000 tahun silam lalu lho.
  2. Mutiara budidaya yang akan dipanen dari tiram bisa ditanami kembali, untuk menghasilkan mutiara tanpa membunuh tiram.
  3. Mutiara air asin juga dikenal sebagai mutiara Akoya yang diekstrasi dari tiram, sedangkan mutiara air tawar diekstrasi dari kerang. Pada intinya, semua jenis moluska itu berpotensi bisa menciptakan mutiara.
  4. Batu mutiara yang dihasilkan selalu memiliki warna khas dari unsur-unsur dalam kerang, yang berkisar dari putih dan gading hingga merah muda, hitam, ungu, dan emas.
  5. Proses memanen mutiara alami bisa terganggu oleh beberapa faktor, seperti polusi air, tsunami, dan fenomena air lainnya. Hal tersebut tentunya akan mengalami kesulitan untuk meninggalkan tiram dengan aman di dalam air dengan waktu cukup lama, hingga bisa menghasilkan mutiara dengan ukuran yang cukup besar.
  6. Perhisaan mutiara tertua yang pernah ditemukan di sarkofagus seorang Putri kerajaan Persia yang meninggal pada tahun 520 SM (Sebelum Masehi).
  7. Masing-masing mutiara memiliki keunikan dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Tak hanya itu, bahkan setiap mutiara juga memiliki ketidaksempurnaan.
  8. Perikultur merupakan sebuah istilah yang merujuk pada pertanian mutiara budidaya.
  9. Pada tahun 1916 silam lalu, Jacques Cartier yang merupakan salah satu desainer perhiasan ternama di dunia pernah membuka toko di 5th Avneue dengan hanya menjual dua kalung mutiara saja.
  10. Ada sebuah legenda yang mengatakan bahwa untuk memamerkan kemewahannya, maka Cleopatra VII bertaruh dengan kekasihnya Marc Anthony bahwa dirinya bisa menghabiskan 10 juta sestecres (koin Romawi kuno) hanya dalam satu kali makan saja. Guna memenangkan pertaruhan tersebut, maka yang harus dilakukannya adalah dengan melarutkan salah satu anting mutiar miliknya dalam minuman koktail, yang kemudian ia minum sampai habis.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari mutiara yang jarang diketahui orang-orang.

Related posts