Inilah Tempat Wisata Alam Indonesia Mirip Seperti di Luar Negeri

  • Whatsapp

Bukan mustahil jika ada tempat wisata indonesia yang mirip luar negeri. Tempat wisata alam serupa luar negeri ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Beberapa tempat wisata alam seperti luar negeri bahkan sudah tersohor sampai telinga turis mancanegara.

1. Goa Jomblang, Yogyakarta

Tempat wisata pertama yang seperti di luar negeri adalah Goa Jomblang yang berada di Yogyakarta. Goa ini memiliki kesamaan dengan Goa Han Son Doong di Vietnam yang merupakan goa terbesar di dunia. Kesamaannya yakni memiliki lubang besar sehingga cahaya matahari jatuh presisi menerangi goa.

Untuk dapat memasuki Goa Jomblang, pengunjung akan dikenakan biaya berkisar Rp500 ribu. Alasan mahal ini adalah karena alat keamanan dan keselamatan yang digunakan.

Selain itu, sebelum memasukinya, pengunjung juga harus memiliki stamina prima karena perjalanan akan cukup melelahkan. Namun itu semua pasti terbayar dengan keindahannya.

Sebagai informasi, Goa Jomblang bahkan masuk dalam reality show artis Korea tersohor yakni Lee Seung Gi dan Jasper Liu di Twogether.

2. Pulo Cinta, Gorontalo

Keindahan Pulo Cinta di Gorontalo sering disandingkan dengan Bora-Bora di Haiti dan Maldives. Bicara soal pantai berpasir putih dan air biru bening, Indonesia juaranya. Sebagai negara kepulauan tentu Indonesia memiliki banyak tempat seperti itu.

Kegiatan utama yang bisa dilakukan pengunjung di Pulo Cinta adalah diving dan snorkeling.

Anda dapat bebas menjelajah keindahan bawah laut ataupun berleha-leha di kursi sambil menikmati indahnya laut biru. Pulo Cinta telah banyak diminati wisatawan mancanegara beberapa tahun terakhir.

3. Green Canyon Cukang Taneuh, Pangandaran

Green Canyon yang ada di Pangandaran ini telah lama disandingkan dengan wisata luar negeri seperti Havasu Canyon di Amerika. Sebelum mencapai sana, pertama-tama Anda akan menyusuri sungai sepanjang 3 km. Sepanjang menyusuri sungai ini, Anda akan merasakan sensasi seperti berada di tengah hutan lebat.

Pada bagian tengah mendekati tujuan utama, Anda akan disajikan pemandangan tebing berbatu dengan pepohonan rimbun di atasnya dengan warna sungai yang seperti air laut.
Pada kondisi tertentu, Anda dapat melihat stalaktit dan stalagmit di Green Canyon Cukang Taneuh.

4. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan wisata safari yang memiliki nuansa seperti Amazon. Tempat wisata ini bahkan telah dikenal ke mancanegara. Sepanjang sungai berkelok ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih terjaga lengkap dengan flora dan faunanya.

Merujuk Lonely Planet, Taman Nasional Tanjung Puting menjadi salah satu hutan hujan terbesar di dunia. Di tempat ini juga Anda dapat melihat habitat asli orangutan yang berkeliaran bebas. Persiapkan teropong Anda untuk menangkap berbagai jenis burung yang terbang mondar-mandir.

5. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Tidak perlu jauh-jauh ke Islandia untuk melihat keindahan Danau Viti. Di Indonesia terdapat pemandangan serupa yakni Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya pemandangan, kondisi cuacanya pun mirip, pastikan Anda membawa dan menggunakan jaket saat berkunjung ke tempat ini.

6. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Kata siapa Indonesia tidak memiliki sabana seperti di Afrika. Anda bisa menemukannya saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini memiliki ekosistem cukup lengkap mulai dari gunung, pantai, dan yang tersohor sabana.

Banyak wisatawan berkunjung saat musim panas atau kemarau. Nuansa keafrikaan semakin terasa dengan rumput yang mulai menguning dan hewan-hewan berkeliaran.