Jenis Burung dengan Suara Kicauan yang Merdu

  • Whatsapp
Burung Lovebird

Indonesia adalah negara yang banyak memiliki biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Dan termasuk di dalamnya berbagai jenis burung dengan kicauan yang merdu. Hal ini lah yang membuat burung kicau yang banyak memiliki penggemar tersendiri. Dengan nama komunitas yaitu kicaumania.

Di Indonesia, komunitas kicaumania mengelompokkan beberapa jenis burung kicau dengan kategori seperti burung fighter dan semi fighter. Burung fighter umumnya hidup sendiri dan akan menguasai dan selalu menjaga daerah kekuasaannya. Sifat dari burung fighter ini sangat mudah terpancing emosi dan membuat burung ini berkicau dengan keras saat burung ini mendengar kicauan dari burung lainnya. Sedangkan burung semi fighter lebih bersifat sering hidup secara berkelompok. Akan tetapi ada juga burung yang sebagai burung guru vokal untuk burung-burung lainnya yang di sebut burung masteran.

Jenis burung masteran akan menjadi guru vokal bagi burung lainnya. Kicauan yang di hasilkan oleh burung masteran memiliki suara nyaring, tajam, serta suaranya yang sangat rapat. Di Indonesia sendiri banyak memiliki jenis burung kicau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berikut jenis burung dan gambarnya yang memiliki suara kicauan yang merdu:

1. Burung Cucak Rowo

Burung Cucak Rowo

Burung kicau ini memiliki harga jual yang sangat mahal. Namun, harganya yang mahal sebanding dengan suara kicauanya yang sangat merdu. Burung ini bisa kita jumpai dari mulai pulau Sumatera, Jawa Bagian Barat, Kalimantan.

2. Burung Murai Batu

Burung Murai Batu

Burung yang satu ini masih tergolong dengan burung yang memiliki harga jual yang relatif tinggi, burung murai ini memang sangat terkenal dengan otaknya yang cerdas yang tidak di miliki oleh burung lainnya. Tidak hanya cerdas burung ini juga bisa menirukan kicauan dari burung lain.

3. Burung Lovebird

Burung Lovebird

Yang terciri dari burung lovebird ini adalah bulunya yang sangat mencolok (eye-catching). Biasanya terdapat beberapa perpaduan warna pada bulunya seperti hijau, oranye, dan kuning.

4. Burung Cendet

Burung Cendet

Kicauan yang dihasilkan oleh burung Cendet ini sangat keras dan nyaring. Sehingga burung ini begitu di kagumi dan di cari oleh para kicaumania.

5. Cucak ijo (Hijau)

Cucak ijo (Hijau)

Warna hijau pada burung ini sangat mendominasi, yang sesuai dengan nama dari cucak ijo (hijau). Kemudian di sertai warna hitam di bagian wajah sampai lehernya dan terdapat warna biru di ekor dan sayapnya. Burung ini dapat kita jumpai di Banyuwangi, Sumatera, Bali dan Kalimantan.

Burung Cucak ijo ini menjadi primadona bagi setiap para kicau mania. Burung ini biasanya hidup berkelompok di dalam hutan.

6. Burung Pleci

Burung Pleci

Burung Pleci ini awalnya tidak terkenal di kalangan burung kicau. Namun akhir-akhir ini berkat dari kebolehannya dalam mengolah kicauannya. Sehingga banyak kicaumania memburunya untuk di pelihara dan lestarikan.

7. Burung Panca warna

Burung Panca warna

Kicaumania mana yang tidak akan tertarik setelah melihat burung yang cantik ini. Warna yang indah yang menempel di bulunya, sehingga burung ini dijuluki si cantik bersuara merdu.

8. Burung Kenari

Burung Kenari

Ukurannya yang kecil tidak lantas membuat kicaumania bisa meremehkan burung Kenari. Kicauan yang di hasilkan oleh burung kenari memiliki khas yang unik. Jika burung ini sudah menemukan khas kicauannya yang unik maka burung yang satu ini akan memiliki harga jual yang tinggi.

Mungkin itu saja jenis burung dan gambarnya di atas yang memiliki kicauan yang sangat khas dan merdu. Harga dari burung-burung di atas terbilang cukup mahal akan tetapi untuk kalian para kicaumania pasti akan berusaha untuk dapat memiliki burung dengan kicauan yang sangat merdu di atas.

Related posts