Keutamaan Sholat Dhuha

  • Whatsapp
Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat Sunnah yang dilaksanakan mulai dari terbit fajar hingga masuk waktu sholat duhur. Sholat dhuha terdiri dari minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat yang dilaksanakan masing-masing dengan 2 salam. Sholat dhuha merupakan sholat yang banyak dianjurkan oleh banyak ulama karena memiliki banyak keutamaan.

Diriwayatkan dalam hadits Al-Hakim yang berbunyi “Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam itu sholat dhuha sehingga kami mengatakan beliau tidak akan meninggalkannya, serta juga beliau itu meninggalkannya sehingga kami mengatakan beliau tidak akan melakukannya.”

Sholat dhuha merupakan salah satu ibadah yang diwasiatkan oleh Rasulullah karena memiliki banyak keutamaan. Lalu apa saja keutamaan sholat dhuha? Berikut beberapa ulasannya yang kami rangkum dari islamiques untuk anda.

  • Di Ampuni Segala Dosa

Allah memiliki sifat maha pengampun yang berarti Allah SWT akan mengampuni segala dosa dari hambanya yang bertaubat. Sebanyak apapun dosa yang diperbuat oleh hambanya, Allah SWT memiliki ampunan yang sangat luas bagi hambanya yang bertaubat dan tidak akan mengulangi kesalahan-kesalahan dimasa lampau.

At-Tarmidzi menyebutkan bahwa “Siapa saja yang menjaga sholat dhuha, maka akan diampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” Sholat dhuha menjad salah satu perantara manusia untuk meminta pengampunan kepada Allah SWT.

  • Dibuatkan Rumah Di Surga

Surga merupakan tujuan terakhir yang sangat diinginkan oleh semua. Surga di peruntukkan bagi hambaNya yang mematuhi segala aturan dan menghindari segala laranganNya. Seorang hamba akan dibuatkan rumah yang indah di surga dengan melaksanakan sholat dhuha secara ikhlas dan dilaksanakan secara rutin.

Hal tersebut juga disebutkan dalam hadits Shahih al-Jami’ No. 634 “Barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah disurga.” Jaminan tersebut juga sudah banyak dijelaskan oleh banyak alim ulama karena banyaknya keutamaan sholat dhuha.

  • Di Cukupkan Rezeki

Rezeki yang halal dan cukup adalah kebutuhan semua manusia di dunia. Rezeki yang dimaksudkan dapat berupa harta, kesehatan, keselamatan, jodoh dan banyak kenikmatan hidup lainnya. Sholat dhuha merupakan salah satu ibadah yang dapat mendatangkan rezeki dan banyak kenikmatan hidup.

Seperti HR. Ahmad menyebutkan “Wahai anak adam, janganlah engkau luput dari 4 rakaat di awal harimu, niscaya akan Allah cukupkan untukmu (dalam bentuk rezeki) pada sepanjang hari itu.” Seorang hamba yang melaksanakan sholat dhuha dengan ikhlas akan dijamin kelapangan rezeki dari Allah dalam bentuk apapun yang dibutuhkan.

  • Dapat Terhindar dari Sifat Lalai

Sifat lalai merupakan salah satu sifat buruk manusia yang harus dihindari karena dapat mendatangkan dosa. Sifat lalai ini datang apabila seorang hamba sudah jauh dari agama dan ibadah. Sholat dhuha dapat menjauhkan kita dari sifat lalai dari agama dan ibadah bila dilakukan dengan ikhlas dan rutin setiap hari.

Hadits  HR. Hakim menyebutkan “Tidaklah seseorang selalu melaksanakan shalat dhka kecuali ia tergolong sebagai orang yang bertaubat.” Banyak keutamaan sholat dhuha yang di dapatkan dengan melaksanakannya.

Shalat dhuha yang dilakukan dengan mengharap ridha dari Allah SWT adalah perbuatan yang akan mendatangkan banyak kenikmatan dalam hidup. Kenikmatan-kenikmatan hidup setiap hamba berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Semua ibadah baik dilakukan secara ikhlas dan segera melaksanakan taubatan nasuha untuk mendapat ampunan dari Allah SWT.

Demikian merupakan beberapa keutamaan sholat dhuha yang dapat anda jadikan referensi bagi pembaca. Sholat dhuha lebih utama dilaksanakan pada waktu yang mendekati sholat dhuhur. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi banyak masyarakat luas.

Related posts