Memilih Foundation yang Bagus dan Aman untuk Kulit

  • Whatsapp
Memilih Foundation yang Bagus dan Aman untuk Kulit

Make up telah menjadi kebutuhan sebagian orang untuk meningkatkan rasa percaya diri. Salah satu item make up yang penting adalah foundation berfungsi meratakan warna kulit dan membuat tampilan lebih standing. Namun kesalahan memilih foundation berisiko merusak penampilan dan kesehatan kulit wajah. Karenanya perlu pertimbangan dalam memilih foundation yang bagus dan cocok untuk digunakan.

Ada banyak foundation yang dikeluarkan berbagai produsen make up ternama yang mahal hingga foundation murah. Meski demikian tidak boleh sembarangan dalam memilih. Sebab foundation yang salah tidak hanya berisiko merusak tampilan make up namun juga dapat menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat hingga iritasi kulit.

4 Langkah Memilih Foundation yang Bagus

Memilih foundation tidak hanya dilihat dari harga foundation yang asal murah. Sebaiknya ketahui cara memilih foundation yang bagus dan aman sesuai kebutuhan kulit berikut:

  • Kenali jenis kulit wajah

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan pastikan memilih foundation yang bagus sesuai dengan jenis kulit wajah. Karenanya penting untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Misalnya jenis kulit berminyak membutuhkan foundation yang mengandung formula bebas minyak yang mampu menyerap minyak dan menjaga kelembabannya. Sedangkan untuk jenis kulit kering lebih baik memilih foundation dengan formula yang melembabkan seperti foundation stick atau liquid.

Berbeda lagi jika kulit Anda sensitif agar memilih foundation dengan formula non comedogenic. Jenis foundation tersebut tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak mengandung wewangian yang dapat membuat iritasi kulit senditif. Terakhir jika jenis kulit Anda termasuk kombinasi akan sedikit sulit menentukan foundation yang tepat. Sebaiknya mengukur jenis kulit dominan atau mencoba setiap jenis foundation.

  • Sesuaikan warna dasar kulit

Fungsi foundation adalah meratakan permukaan dan warna kulit. Pemilihan foundation perlu menyesuaikan warna dasar kulit karena dapat mempengaruhi hasil akhir saat diaplikasikan. Ada tiga warna kulit yakni cool, warm, dan natural, untuk mengetahui warna dasar ini dapat dilihat melalui pembuluh darah di pergelangan tangan.

Pembuluh darah berwarna biru memiliki warna dasar kulit cool, pembuluh darah berwarna hijau artinya memiliki warna dasar kulit warm dan jika pembuluh darah berwarna keunguan artinya memiliki warna dasar netral. Warna dasar cool. Dengan demikian lebih mudah untuk memilih warna dasar yang sesuai untuk foundation Anda.

  • Memilih tingkat coverage foundation

Tingkat coverage foundation ada tiga tingkatan yakni penuh, sedang, atau tipis. Pemilihan tingkat coverage ini dapat disesuaikan kebutuhan kulit Anda. Misalnya memiliki masalah permukaan kulit yang tidak rata atau bruntusan, memerlukan tingkat kondergen sedang hingga penuh. Sedangkan jika masalah kulit hanya noda hitam bisa memilih tingkat coverage tipis.

Selain itu pemilihan tingkat coverage ini juga tergantung tampilan yang ingin dihasilkan. Jika memilih menampilkan riasan natural bisa memilih coverage foundation tipis.

  • Memilih tekstur foundation

Selanjutnya memilih tekstur foundation sesuai kebutuhan kulit. Ada tiga macam tekstur foundation di pasaran yakni cair, krim dan bubuk. Untuk menentukan tekstur yang tepat untuk digunakan perlu mempertimbangkan jenis kulit. Foundation cair sebagai jenis paling ringan berbasis air dengan sedikit kandungan minyak. Tekstur ini dapat digunakan untuk segala jenis kulit tergantung kenyamanan pengguna.

Sedangkan foundation krim dapat digunakan pada kulit normal dan kering. Karena foundation krim mengandung minyak dan tebal. Jenis ini juga memiliki tingkat coverage yang tebal untuk menyamarkan noda jerawat dan lainnya. Terakhir, foundation bubuk, yang ada dengan bentuk loose powder. Jenis ini tanpa air sama sekali sehingga sangat kering, cocok untuk jenis kulit berminyak.

Itulah memilih foundation yang bagus dalam 4 langkah. Agar lebih meyakinkan saat memilih Anda dapat mengaplikasikannya pada kulit untuk melihat sendiri hasilnya. Pastikan pula Anda tahu cara menggunakan foundation untuk hasil pemakaian foundation yang sempurna. Temukan informasi tersebut di Pickybest dan temukan rekomendasi foundation terbaik.

Related posts