Menguasai Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris

  • Whatsapp
Interview Kerja

Pernahkan kamu memperhatikan kalau kebanyakan kualifikasi untuk melamar pekerjaan salah satunya adalah mampu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris baik pasif maupun aktif? Tak jarang juga perusahaan akan mematok skor tertentu untuk calon karyawannya baik itu TOEFL atau tes kemampuan Bahasa Inggris lainnya. Sebagian besar pelamar juga menulis curiculum vitae mereka dengan menggunakan bahasa inggris. Lalu bagaimanakah cara perusahaan menguji tingkat kemampuan para pelamarnya?

Ujian atau tes ini kemungkinan besar akan dilakukan dalam tahap wawancara atau interview. Ya, perusahaan bisa saja membuat kamu melakukan interview dalam bahasa inggris untuk mengetahui apakah kamu memenuhi kualifikasi tersebut. Tapi, jangan panik! Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan interview ini karena biasanya interview akan dikabarkan beberapa hari sebelumnya.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan? Seperti interview pada umumnya, usahakan lah untuk melakukan riset sebelum kamu melakukan interview. Baik tentang posisi yang kamu inginkan maupun tentang informasi dasar perusahaan tempat kamu melamar. Prediksilah beberapa pertanyaan umum yang biasanya ditanyakan saat interview pekerjaan. Sama saja seperti interview pada umumnya bukan? Namun, kali ini buatlah rangkuman diatas dengan menggunakan Bahasa Inggris. Seperti wawancara pada umumnya kamu juga harus mengetahui kekuatan dan kelemahanmu. Datanglah dengan terlihat kamu sudah memiliki persiapan yang sangat matang.  Rasa percaya dirimu akan sangat berpengaruh dalam proses ini!

Setelah memiliki gambaran tentang pekerjaan, tentang perusahaan dan prediksi pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanya, maka sisanya hanyalah tinggal berlatih. Latih lah bagaimana pengucapanmu, kata apa yang akan kamu gunakan untuk meyakinkan perusahaan bahwa kamu memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni.

Sebuah tips, setelah kamu melakukan interview kamu bisa mengirimkan ucapan terimakasih melalui email kepada perusahaan tersebut. Bisa jadi ini menjadi nilai tambah loh! Jangan lupa juga beri dirimu kredit dan ucapkan selamat kepada dirimu sendiri, tentu saja ucapan selamatnya dalam bahasa inggris!

Related posts