Pengertian Ekosistem Secara Umum dan Lengkap

  • Whatsapp
pengertian ekosistem

Soemarwoto mendefinisikan pengertian ekosistem sebagai konsep secara sentral pada ekologi dikarenakan ekosistem atau yang disebut sebagai sistem ekologi tersebut dibentuk oleh hubungan timbale balik antar makhluk hidup dengan lingkungan.

Pada konsep lain berdasarkan lansiran situs pendidikan Cryptowi.com menjelaskan pengertian ekosistem  sebagai satuan fungsional dasar pada ekologi dimana didalamnya mencakup komponen abiotik dan organisme yang saling mempengaruhi.

Pada undang-undang lingkungan hidup (UULH) Tahun 1982 mendefinisikan pengertian ekosistem sebagai berikut

Pengertian Ekosistem ialah tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antar segenap unsure lingkungan hidup yang saling mempengaruhi satu sama lainnya. Pada pengertian ekosistem ini mencakup makhluk hidup dan lingkungannya. Makhluk hidup terdiri dari hewan, manusia dan tumbuhan. Sedangkan lingkungan didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berada di luar individu atau makhluk hidup.

Pada Undang-Undang Lingkungan Hidup (UULH) Tahun 1982 mengartikan lingkungan hidup sebagai kesatuan ruang dengan semua daya, makhluk hidup, benda dan keadaan serta perilaku manusia yang mempengaruhi kehidupan kesejahteraan dan kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

  1. Karl Mobius, seorang ahli dari Jerman

Pada tahun 1877, Karl Mobius menghasilkan karya yang berisikan tentang Komunitas organisme pada batu karang. Dalam karyanya ini Karl Mobius menggunakan istilah yang sama dengan pengertian ekosistem yaitu biocoenosis (biokoenosis).

  1. A Forbes, seorang ahli Ekologi asal Amerika

S.A Forbes menghasilkan karya karangan kuno yang berisikan tentang Danau. Dalam karyanya ini S.A Forbes menggunakan istilah yang sama dengan pengertian ekosistem yaitu microcosm (mikrokosm)

  1. v Dokuchaev dan G.F Morozov, seorang ahli Ekologi asal Rusia.

Pada sekitar tahun 1846 – 1903 , Dokuchaev bersama Morozov memaknai pengertian ekosistem memiliki kesamaan makna dengan biokoenosis. Sedangkan pada bangsanya, keduanya menggunakan istilah geobiokoenosis yang memiliki kesamaan makna dengan pengertian ekosistem.

  1. Friederich

Pada tahun 1930, Friederich menggunakan istilah Holocoen (holokoen) yang memiliki kesamaan makna dengan pengertian ekosistem.

  1. Thieneman, seorang ahli Zoologi dan Ekologi dari Jerman.

Pada tahun 1939, Thienemann menggunakan istilah biosystem (biosistem) yang memiliki kesamaan makna dengan pengertian ekosistem.

  1. Dikutip dari buku berjudul “Prinsip-Prinsip Ekologi Ekosistem, Lingkungan dan Pelestariannya” karya Irwan, Soemarwoto mendefinisikan pengertian ekosistem sebagai sistem ekologi yang dibentuk oleh hubungan timbale balik antar makhluk hidup dan lingkungannya.  Dalam hal ini Tingkatan pada organisasi ini dikatakan sistem dikarenakan memiliki komponen dengan fungsi berbeda yang terkoordinasi dengan baik sehingga setiap komponen terjadi hubungan timbale balik.

Hubungan timbal balik inilah yang menjadi perwujudan jaring makanan dan rantai makanan yang pada setiap prosesenya terjadi siklus materi dan aliran energy.

  1. Odum dalam bukunya “Dasar-dasar Ekologi” mendefinisikan pengertian ekosistem sebagai unit fungsional dasar dalam ekologi yang mencakup di dalamnya lingkungan biotic maupun abiotik dan organism yang mana keduanya saling mempengaruhi satu sama lain.

Dalam hal ini dikatakan unit fungsional dasar dalam ekologi dikarenakan memiliki arti satuan terkecil yang memiliki relung ekologi secara lengkap, terdapat proses ekologi secara lengkap serta memiliki komponen secara lengkap sehingga pada unit ini arus energy dan siklus materi terjadi sesuai dengan kondisi yang ada pada ekosistemnya.

Dalam hal ini Odum juga menjelaskan bahasannya semua ekosistem, baik ekosistem akuatik atau perairan maupun ekosistem terrestrial atau daratan terdiri atas komponen – komponen yang mana dapat dikelompokkan berdasarkan nutrisinya atau trofik dan dari struktur dasar ekosistem.

  1. Dikutip dari buku berjudul “Prinsip-Prinsip Ekologi Ekosistem, Lingkungan dan Pelestariannya” karya Irwan, Gopal dan Bhardwaj menjelaskan pengertian ekosistem apabila dilihat dari segi struktur dasar ekosistem, maka komponen-komponen ekosistem dibedakan menjadi dua jenis diantaranya

Pertama, komponen biotic atau komponen makhluk hidup yang di dalamnya meliputi hewan, manusia, mikrobiologi dan tumbuhan. Kedua, komponen abiotik atau komponen benda mati yang di dalamnya meliputi air, energy, tanah dan udara.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya pengertian ekosistem diartikan sebagai  tatanan kesatuan secara  menyeluruh dan utuh  antar segenap unsur lingkungan hidup yang mana masing-masing saling mempengaruhi. Selain itu pengertian ekosistem memiliki kesamaan makna dengan biokoenosis, Halocoen, microcosm, geobiokoenosisdan biosistem.

Related posts