Perbedaan Bank Digital dan Bank dengan Layanan Digital Banking Ala PermataMobile X

  • Whatsapp
Digital Banking

Digital Banking dan bank digital merupakan dua layanan keuangan yang berbasis internet. Tujuan dari berdirinya bisnis keuangan ini adalah untuk memudahkan masyarakat kita melakukan berbagai transaksi perbankan. Dari mulai transfer uang dimana saja, membayar berbagai tagihan setiap bulannya dan sebagainya.

Secara sederhana Digital Banking merupakan bagian dari layanan bank konvensional untuk para nasabahnya. Lalu bagaimana dengan bank digital yang tidak mempunyai kantor fisik tetapi mempunyai layanan layaknya bank konvensional dengan layanan Digital Banking. Haruskah kita sebagai masyarakat bebas menggunakannya, karena Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah memberikan signal hijau terhadap bisnis bank online ini. Apa perbedaan diantara keduanya dan kita sebagai masyarakat haruskah menggunakannya?

Pengertian Layanan Digital Banking Produk Bank Konvensional

Digital Banking merupakan sebuah model layanan dari bank konvensional yang berbasis internet. Diantaranya seperti online banking dan mobile banking, serta dari mulai on boarding nasabah atau pembuatan rekening baru hingga transaksi yang bertujuan untuk investasi lewat digital channel. Dimana layanan fisik mereka di ATM, kantor cabang, dan kantor kas tetap berjalan seperti biasa.

Pengertian Bank Digital yang Marak Berdiri di Indonesia

Bank digital merupakan sebuah bisnis bank yang melakukan kegiatan usahanya lewat saluran elektronik. Baik itu aplikasi mobile banking yang mereka punya hingga managemen kantor berjalan secara online. Bank digital tidak mempunyai banyak kantor fisik, bahkan ada beberapa bank digital yang hanya mempunyai kantor pusat sebagai pusat pengontrolan bisnis mereka.

Tentunya dari segi pengertian kita juga bisa mengambil kesimpulan bahwa kedua bisnis ini mempunyai perbedaan yang signifikan dari segi struktur bisnis. Dimana Digital Banking adalah bagian dari produk bank konvensional yang berkembang dengan berbagai fitur guna memaksimalkan pelayanan bagi para nasabahnya. Sedangkan bank digital menjadikan mobile banking sebagai produk utama mereka dalam menjalankan bisnis.

Perbedaan Antara Bank Digital dan Digital Banking

Berdasarkan pengertian di atas, secara lebih spesifik berikut perbedaan yang terdapat diantaranya keduanya. Dari perbedaan ini harapannya nanti para nasabah akan bisa lebih bijak dalam menentukan mana layanan yang akan mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

  • Bank digital hadir dengan biaya operasional yang minim, karena bisnis ini berdiri tanpa mengalokasikan dana untuk pengadaan kantor cabang. Sehingga dananya bisa dialihkan untuk pengembangan infrastruktur digital.
  • Bank konvensional yang mempunyai layanan Digital Banking memiliki segmentasi nasabah yang lebih luas. Tidak hanya tabungan, tapi juga produk-produk lainnya seperti KTA, kartu kredit, investasi, bahkan nasabah wholesale.
  • Walaupun bank konvensional, dengan layanan Digital Banking Anda bisa melakukan segala transaksi secara online. Dari mulai transfer antar bank, membayar tagihan listrik, multipayment, top up segal saldo dompet elektronik untuk kebutuhan belanja, bisa mebeli reksadana, dan banyak lagi
  • Bank digital biasanya memfokuskan pelayanannya secara online. Sedangkan bank konvensional yang mempunyai layanan Digital Banking masih memungkinkan untuk berinteraksi secara fisik di kantor cabang apabila diperlukan.

Keuntungan yang Anda Dapat Saat Menggunakan PermataMobile X

Salah satu bank konvensional yang mempunyai produk atau layanan Digital Banking adalah PermataBank. Adapun layanan digital banking yang disediakan oleh PermataBank, misalnya PermataNet untuk internet banking, Permatae-Business untuk internet banking bisnis, dan PermataMobile X untuk mobile banking. PermataMobile X merupakan layanan mobile banking yang disediakan oleh PermataBank terdiri dari ratusan fitur untuk mempermudah transaksi nasabahnya.

Dengan PermataMobile X, PermataBank menawarkan layanan dengan segudang kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh para nasabah mereka. Terutama mereka yang butuh layanan perbankan secara praktis dan bisa menghemat waktu yang mereka punya karena semuanya bisa dilakukan dari smartphone Anda. Nah jika Anda belum mempunyai layanan aplikasi m  banking terbaik ini, maka Anda bisa mencoba produk dari PermataBank yang mana mempunyai keuntungan sebagai berikut:

  • Sangat praktis karena jika Anda mempunyai beberapa akun di PermataBank maka semua akun tersebut bisa tampil dalam satu layar, seperti tabungan, kartu kredit, investasi, hingga KPR
  • Mudah dalam pengecekan mutasi rekening, bahkan bisa melakukan pengecekan dalam kurun waktu 12 bulan.
  • Mempunyai ratusan fitur yang akan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Diantaranya ada fitur tabungan dan giro, investasi, pembuatan kartu kredit secara online, pinjaman, fitur finger print, QR Pay, PermataStore, FaceID dan sebagainya yang memudahkan para nasabahnya.
  • Aplikasi Digital Banking milik PermataBank ini memiliki tampilan dan fitur yang sangat mudah pengoperasiannya. Sehingga siapapun bisa menggunakannya.

Adanya banyak kemudahan yang mereka tawarkan tentunya menjadi kelebihan dan keuntungan tersendiri bagi para nasabahnya. Jika mengalami kesulitan dalam penggunaannya, jangan khawatir. PermataBank melalui PermataTel selalu sigap dalam menanggapi segala keluhan maupun pertanyaan dari nasabah. Hal ini juga merupakan nilai positif yang dimiliki oleh PermataBank. Yuk saatnya kita beralih ke layanan Digital Banking dengan mobile banking PermataMobile Xuntuk kemudahan kita bertransaksi dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Related posts