Persyaratan Air Bersih Layak Konsumsi

  • Whatsapp
Persyaratan Air Bersih Layak Konsumsi

Air merupakan sebuah unsur yang tidak bisa lepas dari kebutuhan manusia. Terutama air bersih yang kita akan konsumsi,namun tidak semua air bisa dikategorikan sebagai air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Fungsi utama air bersih adalah sebagai air minum sehingga kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi setiap harinya.

Apabila kita menggunakan air yang tidak bersih untuk minum, mandi, atau memasak, tentunya bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang bisa berbahaya bagi kehidupan kita. Air yang tidak bersih bisa menjadi  sumber dan media perkembangbiakan bermacam-macam penyakit seperti diare, kolera, disentri, hepatitis A, typus, cacingan.

Peranan air pada terjadinya penyakit menular dapat bermacam-macam seperti; air sebagai penyebab mikroba patogen, air sebagai sarang insekta penyebar penyakit, atau jumlah yang tersedia tidak mencukupi, sehingga orang tidak dapat membersihkan dirinya dengan baik, dan air sebagai sarang sementara penyakit. (1)

Persyaratan air bersih bila dilihat dari segi kualitasnya maka Menggambarkan mutu atau kualitas dari air baku air bersih. Berikut adalah persyaratan air bersih yang layak untuk dikonsumsi:

Syarat Fisik

  • Tidak keruh

Air bersih yang aman diminum dan digunakan untuk kebutuhan lain idealnya harus jernih, tidak berbau, dan tidak terasa aneh. Air yang tidak bersih atau terkontaminasi biasanya terlihat keruh atau kotor.

Walaupun air yang keruh tidak serta-merta berbahaya bagi kita, kondisi tersebut dapat menandakan adanya patogen atau bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

  • Tidak Berwarna

Salah satu syarat air bersih yang penting adalah tidak berwarna. Air yang berwarna, misalnya kuning, jingga, atau cokelat, dapat menandakan adanya zat-zat berbahaya di dalamnya. Air berwarna kuning bisa mengindikasikan chromium-6, yakni zat kimia yang bisa menyebabkan kanker.

Warna kuning juga bisa menandakan adanya penumpukan zat besi, mangan, tembaga, atau timah dalam air. Sementara itu, air yang berwarna cokelat atau jingga juga bisa menandakan adanya logam dalam air atau karat, yang bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak.

  • Tidak Berasa

Pipa atau besi yang berkarat dalam saluran air bisa melepaskan berbagai logam, seperti besi, mangan, zink, tembaga, dan timah ke dalam air yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Pelepasan logam-logam ini dapat menimbulkan rasa logam atau asin dalam air yang kita minum. Dalam beberapa kasus, rasa logam ini dapat terjadi akibat kadar pH (keasaman) air yang rendah.

  • Tidak Berbau

Syarat air bersih lainnya adalah tidak berbau. Jika air di rumah kita menimbulkan bau layaknya kolam renang atau pemutih, hal ini bisa menandakan adanya kelebihan klorin yang bisa menyebabkan masalah ginjal atau peningkatan risiko kanker.

Di sisi lain, air yang menimbulkan bau mirip telur busuk atau comberan bisa mengindikasikan adanya gas hidrogen sulfida. Gas ini bisa berubah menjadi sulfat jika terkena bakteri tertentu sehingga berpotensi menimbulkan dehidrasi atau diare.

Sementara itu, air yang berbau amis dapat menandakan adanya kelebihan barium, yakni zat kimia yang muncul secara alami yang bisa mencemari air lewat proses pengeboran atau limbah manufaktur. Air yang tercemar zat ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kelemahan otot, hingga kerusakan ginjal, hati, dan jantung.

Bau amis juga dapat disebabkan oleh kadmium, yaitu zat kimia yang ditemukan dalam timah dan tembaga. Mengonsumsi terlalu banyak air yang mengandung kadmium dapat menyebabkan kerusakan tulang, hati, dan ginjal. (2)

Syarat Kimiawi

  • Air bersih tidak boleh mengandung bahan-bahan kimia dalam jumlah yang melampaui batas. Secara kimia, air bersih tidak boleh terdapat zat-zat yang beracun, tidak boleh ada zat-zat yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, tidak mengandung zat zat yang melebihi kadar tertentu sehingga menimbulkan gangguan teknis, dan tidak boleh mengandung zat kimia tertentu sehingga dapat menimbulkan gangguan ekonomis.
  1. Zat kimia anorganik dapat berupa logam, zat reaktif, zat-zat berbahaya dan beracun serta derajat keasaman (pH).
  2. Zat kimia organik dapat berupa insektisida dan herbisida, volatile organic chemicals (zat kimia organik mudah menguap) zat-zat berbahaya dan beracun maupun zat pengikat Oksigen.

Sumber logam pada air dapat berasal dari Kegiatan Industri, pertambangan ataupun proses pelapukan secara alamiah, atau karena korosi dari pipa penyalur air. Bahan kimia organik dalam air minum dapat dibedakan menjadi 3 kategori.

Kategori 1 adalah bahan kimia yang mungkin bersifat carcinogen bagi manusia. Kategori 2 bahan kimia yang tidak bersifat carcinogen bagi manusia. Kategori 3 adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan penyakit kronis tanpa ada fakta carcinogen.

Syarat Mikrobiologis

Air bersih tidak boleh mengandung kuman-kuman patogen dan parasit seperti kuman-kuman tifus, kolera, disentri dan gastroenteritis. Karena apabila bakteri patogen dijumpai pada air minum maka akan mengganggu kesehatan atau timbul penyakit. Untuk mengetahui adanya bakteri patogen dapat dilakukan dengan pengamatan terhadap ada tidaknya bakteri E. Coli yang merupakan bakteri indikator pencemaran air.

Secara bakteriologis, total Coliform yang diperbolehkan pada air bersih yaitu 0 koloni per 100 15 ml air bersih. Air bersih yang mengandung golongan Coli lebih dari kadar tersebut dianggap terkontaminasi oleh kotoran manusia.

Syarat Radioaktif

Air minum tidak boleh mengandung zat yang menghasilkan bahan-bahan yang mengandung radioaktif seperti sinar alfa, gamma, dan beta. (3)

Daripada kita bingung dan takut dalam menentukan air minum apa yang bisa dikatakan air layak konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Maka tentu saja pilihan yang paling tepat adalah AQUA. Karena AQUA sudah terpercaya lebih dari 45 tahun untuk menyediakan air minum yang berkualitas tinggi dan higienis, serta lolos semua persyaratan untuk air bersih.

Ditambah AQUA mempunyai produk AQUA GALON. Oleh karena itu, AQUA galon hadir dengan packaging yang inovatif, sehingga mudah dikonsumsi untuk keluarga di rumah.Apalagi kandungan mineralnya berasal dari sumber berkualitas untuk kesehatan tubuh, sehingga mengandung berbagai zat mineral seperti natrium, kalium, klorida, kalsium, dan magnesium.

Sekarang sudah hadir pula jaringan AHS (AQUA Home Service) yang dapat membantu keluarga Indonesia mendapatkan AQUA galon dengan mudah dan praktis. Agar semakin terjaga kualitasnya, berbagai produk AQUA termasuk AQUA galon juga menempuh proses dengan standar tinggi, di mana produk AQUA yang telah lebih dari 45 tahun menjaga kemurnian langsung dari sumbernya.

Kesegarannya tetap terjaga karena di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas. Sehingga AQUA galon sangat memenuhi kebutuhan harian kita, Jangan ragu untuk memilih AQUA untuk kehidupan keluarga yang lebih sehat.(4)

  1. https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kesehatan/Umum/Syarat-syarat-Air-Bersih
  2. https://www.sehatq.com/artikel/syarat-syarat-air-bersih-yang-perlu-anda-ketahui
  3. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/850/4/4%20BAB%20II.pdf
  4. https://www.sehataqua.co.id/kesehatan-keluarga-dimulai-dari-air-mineral-berkualitas/

Related posts