Cara Mencari Ahli Psikolog dari SehatQ

  • Whatsapp
Psikolog

Untuk bisa mendapatkan psikiater yang tepat juga sangat penting karena berpengaruh kepada keberhasilan proses terapi. Walaupun juga membutuhkan waktu dan kesabaran dalam mencari dan mendapatkan psikiater yang tepat, namun jangan khawatir, di sini kamu juga akan diberikan panduan untuk memilih psikiater.

Sebelum Memilih Psikiater Sebaiknya Baca Dulu Panduannya di Sini

Perbedaan Psikiater dan Psikolog

Pada saat kamu membutuhkan psikiater, jangan sampai tertukar dengan psikolog. Karena ada banyak orang yang masih salah membedakan antara psikiater dan psikolog. Walaupun telah memiliki persamaan, akan tetapi tentu saja ada perbedaan di antara kedua profesi ini.

Untuk psikiater yaitu seorang ahli medis yang fokus dalam menangani masalah kesehatan mental dan juga berbagai perilaku melalui upaya pencegahan, misalnya seperti kuratif dan rehabilitatif dengan dilengkapi pemberian konseling, psikoterapi, dan juga obat-obatan. Pada sisi latar belakang pendidikan seorang psikiater yakni dokter umum yang telah menempuh jenjang program PPDS atau bisa disebut Program Pendidikan Dokter Spesialis dalam ilmu kedokteran jiwa ataupun psikiatri dalam waktu selama 8 semester.

Akan tetapi sengan kata lain, psikiater juga adalah dokter spesialis kejiwaan dengan gelar disebut Sp.KJ ataupun Spesialis Kedokteran Jiwa, yang mempunyai keterampilan klinis dalam mendiagnosis, kemudian melakukan pengobatan, selanjutnya perawatan dan juga pencegahan pada masalah kesehatan mental. Dan termasuk juga di dalamnya antara lain penyalahgunaan zat-zat tertentu dan juga masalah kecanduan atau adikisi. Maka dari itu, psikiater juga dapat memberikan resep obat-obatan, misalnya seperti halnya dokter-dokter pada umumnya.

Sedangkan di lain sisi, psikolog adalah tenaga ahli yang juga lebih fokus dalam memberikan solusi dari berbagai sudut pandang nonmedis misalnya seperti praktik konseling dan juga psikoterapi. Kemudian mereka juga menempuh bidang akademik yang juga berbeda, yakni ilmu psikologi. Untuk masalah cakupan bidang psikologi antara lain pada masalah pola hidup, kemudian tumbuh kembang, dan juga pengaruh lingkungan sosial terhadap pasien. Dengan mengingat psikolog bukan dokter medis, maka ahli psikolog tidak memiliki kewenangan yang klinis dalam memberikan resep obat ataupun prosedur medis lainnya.

Tips Dalam Mencari Psikiater yang Tepat

Bukan tidak perlu bingung dalam mencari dan juga memilih psikiater yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu sebab saat ini telah banyak panduannya ada di bawah ini:

Bisa juga berkonsultasi dengan dokter

Supaya bisa mendapatkan psikiater yang tepat, maka kamu juga bisa memulainya dengan  berkonsultasi ke dokter umum ataupun psikolog. Pada dokter umum dapat menentukan perkiraan diagnosis yang sangat sesuai dengan keluhan dan kondisi kamu sebagai pasien yang nantinya dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah-masalah kesehatan jiwa yang sedang dihadapi. Bukan hanya itu, dokter umum atau psikolog juga nantinya akan dapat memberikan beberapa rekomendasi psikiater yang praktik di daerah tempat tinggal kamu.

Jangan Lupa Tanyakan Kepada Keluarga atau Teman

Selanjutnya kamu juga dapat mencari rekomendasi psikiater yang tepat dengan menanyakannya kepada keluarga kemudian teman, ataupun ke kerabat di lingkungan kamu. Sehingga besar kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan informasi dari komunitas, atau juga media darling ataupun bahkan organisasi kesehatan di bidang kesehatan mental baik melalui internet atau telepon seperti halnya dari SehatQ yang punya layanan chat dokter yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

Related posts