Sejarah dan Perkembangan Furniture Di Indonesia

  • Whatsapp
Furniture

Mebel atau juga bisa disebut mebel adalah perlengkapan rumah seperti meja dan kursi, ya mebel sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk dijadikan perlengkapan rumah, lihat saja seluruh rumah di seluruh dunia pasti memiliki mebel. Tahukah kalian bahwa negara Indonesia terkenal dengan berbagai macam Furniture unik dengan model ukiran yang berfariasi, tak hanya itu Indonesia juga memiliki hutan yang luas yang menjadikan para pengusaha mebel atau Furniture termudah kan. Namun kini banyak orang yang menebang pohon dan tidak memperdulikan berapa banyak pohon yang di tebang sehingga mengakibatkan kerusakan alam. Lepas Indonesia memiliki Furniture dan Mebel yang banyak diincar oleh negara lain yang paling terkenal adalah mebel khas Jepara. Tak hanya menggunakan kayu namun Indonesia juga memiliki mebel unik yang terbuat dari Kayu Rotan, Kayu Rotan memang sangat lah lentur tetapi dari segi kekuatan kayu rotan memang memiliki daya tahan yang awet loh apa lagi Indonesia memang terkenal memiliki sumber daya hutan yang asri. Memang pada awal masuknya mebel atau Furniture di Asia sedikit berbefa dengan mebel yang ada d Eropa. Yang membuat keduanya berbeda yaitu dari segi bentuknya, Asia memang memiliki gaya dan bentuk mebel nya sendiri meskipun terkadang ada ukiran yang sedikit mirip dengan mebel Eropa, wajar saja karena hal itu dipengaruhi pada saat masa Kolonialisme.

Perkembangan Industri Furniture atau Mebel di Indonesia sangat stabil, sejak dahulu industri mebel di Indonesia tak pernah mengalami penurunan secara drastis hal inilah yang membuat orang-orang ingin menjadi pengusaha mebel. Faktanya di Jepara saja Sudah mencapai 3.539 unit Produksi  Perusahaan Mebel yang tercatat oleh dinas Perindustrian. Bukan soal angka yang besar saja tetapi banyaknya perusahaan mebel juga membuat masyarakat Indonesia memiliki lapangan pekerjaan yang nyata, Namun pemerintah sangat menegaskan soal larangan penebangan hutan secara liar untuk itulah hampir seluruh perusahaan mebel besar memiliki tanaman pohonnya sendiri agar tidak merusak ekosistem. Jika kita membahas soal 3.539 Unit Produksi perusahaan mebel yang sudah terdaftar masih ada banyak perusahaan mebel kecil yang belum terdaftar loh bahkan perusahaan mebel kecil yang belum terdaftar oleh Dinas Perindustrian mencapai 15.000 usaha mebel, wah hal inilah yang membuat persaingan antar perusahaan mebel semakin ketat. Dengan mengusung bahan utama pembuatan mebel yaitu kayu dan rotan membuat Indonesia harus lebih melakukan reboisasi terhadap hutan yang gundul, faktanya mebel yang akan di ekspor ke luar negri lebih diutamakan oleh pemerintah Indonesia ketimbang produk lainnya hal ini sangat membuktikan bahwa pemerintah juga turut mendukung industri Mebel Di Indonesia. Bahkan pemerintah mengatakan perkembangan industri mebel di Indonesia memiliki kemajuan yang signifikan mulai dalam negri bahkan luar negri, nilai ekspor yang diperkirakan hingga USD 1,8 miliar, nilai yang sangat fantastis ini membuat pemerintah sangat menghargai perusahaan mebel di Indonesia.

Nah jika kamu ingin membeli mebel atau Furniture secara online, pilihlah toko yang benar-benar memiliki reputasi yang baik seperti Bramble Furniture yang sudah dikenal memiliki reputasi perusahaan mebel yang baik, mulai dari jenis Furniture atau mebelnya yang berfariasi hingga kualitasnya yang sangat terjamin. Jika biasanya kamu membeli perabot rumah atau aksesoris hanya dapat memilih yang sudah jadi, Di Bramble Indonesia kamu dapat menentukan bentuk dan warna sesuai kamauan kamu loh, bagaimana menarik bukan?

Related posts