Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Pria dengan Mudah

  • Whatsapp
Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Pria

Tidak hanya wanita saja, para priapun sepertinya tidak mau ketinggalan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Selain terlihat lebih menarik, jika seorang pria memiliki berat badan ideal akan terlihat jauh lebih sehat. Lantas, apa saja kriteria berat badan pria yang ideal dan bagaimana mendapatkannya?

Salah satu alasan mengapa banyak pria yang lebih memilih untuk mendapatkan berat badan ideal adalah agar selalu sehat dan mencegah munculnya beragam penyakit. Biasanya, tubuh yang terlalu gemuk atau mereka yang mengalami obesitas sangat berisiko terhadap beragam penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, radang sendi hingga kanker.

Sebaliknya, pria yang memiliki berat badan kurang justru mengalami anemia, sistem kekebalan tubuh melemah, kurang gizi hingga mengalami masalah kesuburan. Itu sebabnya, memiliki berat badan ideal menjadi satu keharusan agar kedua hal diatas tidak berdampak bagi kesehatan tubuh.

Hanya saja, sebelum melakukan serangkaian aktivitas seperti menjaga pola makan atau melakukan olah fisik  Anda harus mengetahui cara menghitung berat badan ideal. Caranya tidak sulit kok yaitu dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Dari perhitungan tersebut nantinya akan didapat apakah berat badan Anda kurus atau biasanya ditunjukkan dengan angka 18,5 atau malah sebaliknya, mengalami berat badan berlebih.

Hanya saja, perhitungan ini nantinya tidak berlaku bagi seorang atlet atau binaragawan karena mereka memiliki massa otot yang besar alias tidak banyak lemak.

Cara mendapatkan berat badan ideal

Untuk pria yang mau menurunkan atau menambahkan berat badan dengan cara aman dan sehat, maka beberapa langkah dibawah ini bisa Anda lakukan seperti :

Memilih makanan dengan bijak

Sebagai cara pertama, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat seperti biji-bijian, sayuran, buah, ikan, produk susu rendah lemak, tahu hingga tempe. Sebaliknya, batasi untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging olahan, keju, susu tinggi lemak namun gantikan makanan tersebut dengan ikan, kacang kacangan dan alpukat.

Memperhatikan porsi makan

Jika Anda sudah memutuskan untuk mengonsumsi makanan sehat maka langkah selanjutnya memperhatikan porsi makan yang tepat. Makan dengan porsi berlebih justru bisa menyebabkan obesitas sehingga sangat dianjurkan untuk membatasinya guna mendapatkan berat badan yang ideal.

Memperbanyak minum air putih

Mengurangi minuman manis serta memperbanyak minum air putih akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan berat badan ideal. Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari akan membuat perut terasa kenyang dan mencegah Anda mengemil makanan.

Rutin berolahraga

Jenis olah fisik apapun yang Anda pilih, jika dilakukan dengan rutin akan menjadi cara untuk membuat tubuh menjadi bugar. Selain itu, juga menurunkan risiko munculnya berbagai jenis penyakit dan memudahkan Anda mencapai berat badan ideal.

Anda bisa memilih jenis olahraga yang sederhana seperti bersepeda, jalan kaki, berenang dan aktivitas fisik lainnya. Lakukan setidaknya 15 hingga 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu.

Dengan beberapa tahapan diatas maka untuk mendapatkan berat badan ideal bukan satu hal yang sulit dilakukan. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkannya, maka sangat disarankan agar melakukan konsultasi ke pihak yang ahli di bidangnya guna mendapatkan penanganan khusus sesuai dengan kondisi tubuh.

Jadi, jangan ditunda lagi ya! Dapatkan berat badan ideal dengan cara mudah dan sehat sekarang juga.

Related posts